Wednesday, February 4, 2009

Sekapur Sirih Ketua Otorita Batam

Asalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,

Sejak dibangun tiga dasawarsa lebih, Pulau Batam telah mengalami perkembangan signifikan yang secara langsung tidak saja memberi manfaat bagi masyarakat Batam tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar bahkan nasional. Pencapaian ini tidak terlepas dari pelaksanaan pembangunan Batam yang berkesinambungan, sistematis, konsisten dan tentunya peran para perintis pembangunan serta dukungan penuh masyarakat.

Dalam konteks ini, saya menyambut gembira penerbitan buku bertajuk “Ir Joki Muchajar, 30 Tahun Melangkah Bersama Derap Pembangunan Batam.” Meski secara kontekstual, dari segi isi lebih mengerucutkan riwayat sisi pribadi saudara Joki Muchayar, tetapi bila ditelusuri seksama, buku ini secara eksplisit mengurai mengenai kisi-kisi pembangunan Batam, berikut pemikiran-pemikirannya mengenai Batam di masa depan.

Sebagai pegawai Otorita Batam, saudara Joki Muchajar memang tidak bisa dilepaskan institusi yang telah membangun Batam sejak era 1970-an ini. Ia merupakan salah satu pegawai Otorita yang bekerja di Otorita Batam sejak masa perintisan, tepatnya pada tahun 1978. Masa di mana Batam sedang giat-giatnya memulai pembangunan infrastruktur. Bersama insinyur yang jumlahnya bisa dihitung dengan jari, saudara Joki Muchajar aktif terlibat dalam penyusunan masterplan Batam. Berbagai jabatan, silih berganti ditekuni hingga mengantarkan dirinya menjadi birokrat yang matang dan sarat pengalaman.

Buku ini, memang tidaklah ditujukan sebagai ajang polemik mengenai peran saudara Joki Muchajar dalam pembangunan Batam. Namun yang pasti tidak bisa dipungkiri, bahwa selama kurun 30 tahun pengabdian, selain suka dan duka, banyak pengalaman baik yang subyektif maupun objektif dalam pembangunan di wilayah ini, yang akan Sangay berguna bagi generasi muda mendatang.

Akhir kata, kami berharap agar buku ini dapat bermanfaat kepada kita semua.
Amin

Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Batam, 3 Juli 2008


Ir Mustofa Widjaja

1 comment:

  1. Medan, Aktual.com — Rektor Universitas Negeri Medan Prof Dr Syawal Gultom MPd menegaskan oknum dosen pada perguruan tinggi negeri itu yang terlibat praktek perjokian pada Ujian Masuk Bersama akan dipidana.

    “Kita tetap akan memproses secara hukum dosen yang coba bermain dan ikut membantu kelulusan Ujian Masuk Bersama (UMB) Perguruan Tinggi Universitas Negeri Medan (Unimed),” katanya usai meninjau pelaksanaan ujian UMB di Kampus Unimed, Minggu (2/8).

    Dosen Unimed Terlibat Joki Ujian Masuk Bersama

    ReplyDelete